Sabtu, 18 Februari 2017

PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN



logo stitma.jpgDisusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Media Pembelajaran yang diampu oleh: Drs. H. MUKHLASIN, M.Pd.I





          Disusun oleh  :
  1. SITI ASROFI KHUNAINAH
  2. SEPTI WIDYA PANGESTUTIK
  3. NI’MATUL KHOIRIYAH
  4. SITI NUR HIDAYATI
  5. NURUL ALIYAH
  6. LOTFIATIN

JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH MAKHDUM IBRAHIM (STITMA)
T U B A N
2016 / 2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rohmah, hidayah serta inayahnya, sehingga kami bisa menjalani kehidupan ini sesuai ridho-Nya. Syukur Alhamdulillah kami dapat menyelesaikan makalah ini sesuai dengan rencana. Makalah ini kami beri judul Pemilihan Media Pembelajaran.
Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabiyulloh Muhammad SAW. Karena Beliau adalah salah satu figure ummat yang mampu memberikan syafa’at kelak di hari kiamat.
Atas dukungan moral dan materi yang diberikan dalam penyusunan makalah ini, maka penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Drs. H. Mukhlasin M.Pd.I, selaku dosen mata kuliah  Media Pembelajaran, dan kepada semua pihak yang telah memberikan bimbingan, saran, ide dan kesempatan untuk membuat . Semoga makalah ini dapat menjadikan wawasan yang lebih luas dan memberikan sumbangan pemikiran kepada pembaca.
Kami menyadari makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu kami mengharapkan saran dan kritik dari pembaca demi perbaikan pembuatan makalah dimasa yang akan datang.

Tuban,      11 Februari 2017

Penulis

ii

DAFTAR  ISI

SAMPUL  MAKALAH i
KATA PENGANTAR  ii
DAFTAR ISI . iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1       Latar Belakang 1
            1.2       Rumusan Masalah 2
            1.3       Tujuan Penulisan 2
            1.4       Manfaat Penulisan 2
BAB II PEMBAHASAN
2.1       Prinsip-prinsip Pemanfaatan Media Pembelajaran 3
            2.2       Dasar Pertimbangan Pemilihan Media Pembelajaran 4
2.3       Syarat-syarat Pemilihan Media Pembelajaran 5
            2.4       Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran 6
BAB III PENUTUP
            3.1       Kesimpulan 7
            3.2       Penutup 8
DAFTAR RUJUKAN 9




iii

BAB I
PENDAHULUAN
1.1                   Latar Belakang
Media pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Hal tersebut disebabkan adanya perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan yang menuntut efisiensi dan efektivitas dalam pembelajaran. Untuk mencapai tingkat efisiensi dan efektivitas yang optimal, salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah mengurangi bahkan jika perlu menghilangkan dominasi sistem penyampaian pelajaran yang bersifat verbalistik dengan cara menggunakan media pembelajaran.
Sehubungan dengan penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran, para tenaga pengajar atau pendidik perlu cermat dalam pemilihan dan penetapan media yang akan digunakannya. Kecermatan dan ketepatan dalam pemilihan media akan menunjang efektivitas kegiatan pembelajaran yang dilakukannya. Disamping itu juga kegiatan pembelajaran menjadi menarik sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, dan perhatian peserta didik menjadi terpusat kepada topik yang dibahas dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukannya.
Kecermatan dan ketepatan dalam memilih media pembelajaran dipengaruhi oleh banyak faktor seperti luas sempitnya pengetahuan dan pemahaman tenaga pengajar tentang kriteria dan faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan serta prosedur pemilihan media pembelajaran.
Seiring dengan perkembangan teknologi, maka berbagai model pembelajaran yang diterapkan di dalam kelas juga mengalami perkembangan. Seorang pendidik memang masih tetap merupakan salah satu sumber belajar tetapi tidak lagi satu-satunya sumber belajar bagi para peserta didiknya. Pendidik menggunakan sumber belajar lain yang disebut sebagai media untuk pembelajarn peserta didiknya. Oleh karena itu sebelum pendidik menggunakan media dalam proses belajar mengajar, maka pendidik dituntut untuk mengetahui bagaimana teknik pemilihan media pembelajaran agar media yang digunakan dapat berfungsi sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran.
1.2.  Rumusan Masalah
Berangkat dari latar belakang di atas, rumusan masalah yang dapat diajukan adalah sebagai berikut:
a.       Apa prinsip-prinsip pemanfaatan media pembelajaran?
b.      Apa dasar pertimbangan pemilihan media pembelajaran?
c.       Apa syarat-syarat media pembejaran?
d.      Bagaimana kriteria pemilihan media pembelajaran?

1.3.  Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah diatas, tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah :
a.       Mengetahui prinsip-prinsip pemanfaatan media pembelajaran
b.      Mengetahui dasar pertimbangan pemilihan media pembelajaran
c.       Mengetahui syarat-syarat media pembelajaran
d.      Mengidentifikasi kriteria pemilihan media pembelajaran

1.4.  Manfaat Penulisan
Manfaat yang diperoleh dari makalah ini, dikelompokkan menjadi 2, yaitu :
a.   Manfaat Teoritis
Memberikan sumbangan pemikiran dalam pengembangan ilmu pendidikan terutama dalam kegiatan belajar-mengajar di lembaga pendidikan
b.   Manfaat Praktis
                  Dapat digunakan sebagai referensi bagi pendidik untuk mengetahui bagaimana memilih media pembelajaran


BAB II
PEMBAHASAN

2.1                   Prinsip-prinsip pemanfaatan media pembelajaran
Ada beberapa prinsip umum yang perlu diperhatikan dalam pemanfaatan media pembelajaran, yaitu:
1.    Setiap jenis media, memiliki kelebihan dan kelemahan, Tidak ada satu jenis media yang cocok untuk semua proses pembelajaran dan dapat mencapai semua tujuan belajar. lbaratnya, tak ada satu jenis obat yang manjur untuk semua jenis penyakit.
2.    Penggunaan beberapa macam media secara bervariasi memang diperlukan, Namun harap diingat, bahwa penggunaan media yang terlalu banyak sekaligus dalam suatu kegiatan pembelajaran, justru akan membingungkan siswa dan tidak akan memperjelas pelajaran. Oleh karena itu gunakan media seperlunya, jangan berlebihan.
3.    Penggunaan media harus dapat memperlakukan siswa secara aktif. Lebih baik menggunakan media yang sederhana yang dapat mengaktifkan seluruh siswa daripada media canggih namun justru membuat siswa kita terheran-heran dan pasif.
Sebelum media digunakan harus direncanakan secara matang dalam penyusunan rencana pembelajaran. Tentukan bagian materi mana saja yang akan kita sajikan dengan bantuan media. Rencanakan bagaimana strategi dan teknik penggunaannya. Hindari penggunaan media yang hanya dimaksudkan sebagai selingan atau sekedar pengisi waktu kosong saja. Jika siswa sadar bahwa media yang digunakan hanya untuk mengisi waktu kosong, maka kesan ini akan selalu muncul setiap kali guru menggunakan media. Penggunaaan media yang sembarangan, asal asalan, atau "daripada tidak dipakai", akan membawa akibat negatif yang lebih buruk. Dan kurangnya persiapan bukan saja membuat proses pembelajaran tidak efektif dan efisien, tetapi justru mengganggu kelancaran proses pembelajaran. Hal ini terutama perlu diperhatikan ketika kita akan menggunakan media elektronik.
2.2       Dasar pertimbangan pemilihan media pembelajaran
a.         Alasan teoritis pemilihan media pembelajaran
Alasan  pokok pemilihan media dalam pembelajaran adalah didasari atas konsep pembelajaran sebagai sebuah sistem  yang  didalamnya  terdapat  suatu  totalitas  yang terdiri  atas  sejumlah  komponen  yang  saling  berkaitan untuk mencapai    tujuan. Jika  kita lihat prosedur pengembangan desain instruksional  maka  diawali dengan perumusan tujuan instruksional khusus sebagai pengembangan dari tujuan instruksional umum, kemudian dilanjutkan dengan menentukan          materi pembelajaran yang menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran serta menentukan  strategi  pembelajaran  yang  tepat.
b.         Alasan praktis pemilihan media pembelajaran
Alasan praktis  berkaitan  dengan pertimbangan-pertimbangan si pengguna seperti guru, dosen, instruktur. Terdapat beberapa penyebab orang memilih media, antara lain dijelaskan oleh Arif Sadiman (1996:84) sebagai berikut :
1)  Demonstration, dalam hal ini media dapat digunakan sebagai alat untuk mendemonstrasikan sebuah konsep, alat, objek, kegunaan, cara mengoperasikan dan lain- lain.
2) Familiarity,      pengguna  media pembelajaran memiliki alasan pribadi mengapa ia menggunakan media, yaitu karena sudah  terbiasa menggunakan media tersebut.
3)  Clarity,            Alasan ketiga ini mengapa guru menggunakan media adalah untuk lebih memperjelas pesan pembelajaran dan memberikan penjelasan yang lebih konkrit.
4)  Active Learning, media dapat berbuat lebih dari yang bisa dilakukan oleh guru. Salah satu aspek yang harus diupayakan   oleh  guru  dalam pembelajaran  adalah siswa harus berperan  secara aktif   baik secara fisik, mental, dan emosional. Dalam  prakteknya guru tidak selamanya mampu membuat siswa aktif hanya dengan cara ceramah, tanya  jawab dan  lain-lain namun diperlukan  media  untuk  menarik  minat  atau  gairah belajar siswa.

2.3       Syarat pemilihan media pembelajaran
Menurut Yusufhadi Miarso (1980) bahwa Pengembangan media pembelajaran yang ideal seharusnya perlu memenuhi syarat“VISUALS”. Yakni:
  1. (V)       Visible atau mudah dilihat, artinya dengan menggunakan media akan dapat memudahkan penyajian seperangkat materi tertentu.
  2. (I)        Interesting atau menarik, artinya kemenarikan suatu media juga perlu diperhatikan. Hal ini bertujuan agar peserta didik bisa lebih antusias dan mampu menangkap pengajaran dengan baik 
  3. (S)       Simple atau sederhana, Sederhana dalam hal ini dimaksudkan bahwa dengan media yang tidak terlalu complicated telah mampu membantu siswa dalam mencapai kompetensi.
  4. (U)       Useful atau isinya berguna/bermanfaat, Kegunaan suatu media adalah sangat penting, artinya bahwa dengan menggunakan media tertentu dalam kegiatan pembelajaran dapat memberikan manfaat kepada siswa.
  5. (A)       Accurate atau dapat dipertanggung jawabkan, Keakuratan penggunaan suatu media bisa dilihat dari dimensi materi. Artinya apakah dengan menggunakan media tertentu sudah mampu memperjelas materi atau belum. Dan yang paling utama menilai keakuratan suatu media adalah bagaimana kemampuannya dalam proses pencapaian kompetensi.
  6. (L)       Legitimate atau masuk akal/sah, Keabsahan penggunaan media harus dipertimbangkan oleh guru. Terkadang guru salah dalam memilih suatu alat. Sebagai contoh untuk mengukur berat logam-logam yang tergolong mahal digunakan sembarang timbangan. Padahal untuk menimbang berat emas atau natrium diperlukan timbangan yang spesifik, sebab selisih satu gram saja nilainya sudah cukup tinggi, dan dampaknya untuk melakukan suatu percobaan sungguh sangat signifikan.
  7. (S)       Structured terstruktur/tersusun dengan baik, Hal lain yang perlu dipertimbangkan dalam menggunakan suatu media adalah strukturnya.



2.4       Kriteria pemilihan media pembelajaran.
Adapan kriteria pemilihan yang harus diperhatikan dalam memilih media pembelajaran antara lain:
  1. Ketepatannya dengan tujuan pengajaran, artinya media pengajaran dipilih atas dasar tujuan-tujuan instruksional yang telah ditetapkan.
  2. Dukungan terhadap isi bahan pengajaran, artinya bahan pelajaran yang sifatnya fakta, prinsip, konsep dan generalisasi sangat memerlukan bantuan media agar lebih mudah dipahami siswa.
  3. Kemudahan memperoleh media, artinya media yang diperlukan mudah diperoleh, setidak-tidaknya mudah dibuat oleh guru pada waktu mengajar.
  4. Keterampilan guru menggunakannya, artinya secanggih apapun sebuah media apabila tidak tahu cara menggunakanya maka media tersebut tidak memiliki arti apa-apa.
  5. Tersedia waktu untuk menggunakannya, sehingga media tersebut dapat bermanfaat bagi siwa selama pengajaran berlangsung.
  6. Memilih media pembelajaran harus sesuai dengan taraf berfikir siswa, sehingga makna yang terkandung di dalamnya dapat dipahami oleh para siswa.




BAB III
PENUTUP

3.1                   Kesimpulan
Ø  Prinsip-prinsip pemanfaatan media pembelajaran
1.         Setiap jenis media, memiliki kelebihan dan kelemahan
2.         Penggunaan beberapa macam media secara bervariasi memang diperlukan,
3.         Penggunaan media harus dapat memperlakukan siswa secara aktif.
Sebelum media digunakan harus direncanakan secara matang dalam penyusunan rencana pembelajaran. Rencanakan bagaimana strategi dan teknik penggunaannya. kurangnya persiapan bukan saja membuat proses pembelajaran tidak efektif dan efisien, tetapi justru mengganggu kelancaran proses pembelajaran. Hal ini terutama perlu diperhatikan ketika kita akan menggunakan media elektronik.
Ø  Dasar Pertimbangan Pemilihan Media
a.         Alasan  pokok pemilihan media dalam pembelajaran adalah didasari atas konsep sebagai sebuah sistem  yang  didalamnya  terdapat  suatu  totalitas  yang terdiri  atas  sejumlah  komponen  yang  saling  berkaitan untuk mencapai    tujuan.
b.         Alasan praktis  berkaitan  dengan pertimbangan-pertimbangan si pengguna seperti guru, dosen, instruktur. Terdapat beberapa penyebab orang memilih media, antara lain dijelaskan oleh Arif Sadiman (1996:84) sebagai berikut:
1)         Demonstration
2)         Familiarity
3)         Clarity                                                                        
4)         Active Learning

Ø  Syarat Pemilihan Media Pembelajaran
Menurut Yusufhadi Miarso (1980) bahwa Pengembangan media pembelajaran yang ideal seharusnya perlu memenuhi syarat“VISUALS”. Yakni:


(V)             Visible atau mudah dilihat
(I)  Interesting atau menarik
(S) Simple atau sederhana
(U) Useful atau isinya berguna/bermanfaat
(A) Accurate atau dapat dipertanggung jawabkan
(L)             Legitimate atau masuk akal/sah
(S) Structured terstruktur/tersusun dengan baik

Ø  Kriteria pemilihan media pembelajaran.
Adapan kriteria pemilihan yang harus diperhatikan dalam memilih media pembelajaran antara lain:
1.      Ketepatannya dengan tujuan pengajaran
2.      Ketepatannya dengan tujuan pengajaran
3.      Kemudahan memperoleh media
4.      Keterampilan guru menggunakannya
5.      Tersedia waktu untuk menggunakannya
6.      Memilih media pembelajaran harus sesuai.

3.2       PENUTUP
Demikianlah makalah ini kami buat, kami mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Amiin.



DAFTAR  RUJUKAN

Azhar, Arsyad. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007

Danim, Sudarwan. Media Komunikasi Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008

Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar & Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2014


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar